Senin, 19 Februari 2018

Makanan yang harus kita waspadai



Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Bisa dibayangkan bila kita tidak makan, atau cuma telat makan, pasti tubuh bakal lemas serta otak kita tidak dapat berpikir dengan jernih.

Sebaiknya apapun makanan yang kita konsumsi mesti sehat, dan dapat memberi manfaat untuk seluruh organ tubuh

Sebuah kelompok studi menyampaikan, sering mengonsumsi makanan-yang tidak sehat dapat membahayakan kesehatan, bahkan juga berisiko mengakibatkan kematian


Foto, Koleksi Google Com


Berikut ini 10 makanan yang harus kita waspadai agar tubuh selalu sehat

1. Gula
Gula sering dianggap sebagai musuh nomer satu. Gula merupakan alasan paling utama pemicu diabetes serta obesitas. Gula juga ternyata buruk untuk organ hati, pankreas serta system pencernaan. Gula bisa mengganggu system saraf sampai 50 % setiap kali Anda mengkonsumsinya.

Namun ingat, tak semua gula beresiko. Gula alami yang ada pada madu serta buah-buahan sangatlah berguna untuk tubuh, bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.


2. Tepung
Mungkin saja, tepung terlihat tak beresiko, namun waktu masuk ke tubuh Anda, pengaruh tepung sama juga dengan gula. 

Tepung bisa memberi tekanan pada pankreas serta mengakibatkan ketidak seimbangan tingkat insulin.


3. Susu
Yes, kita sering disarankan untuk konsumsi susu supaya tulang kita kuat, namun pakar gizi Patrick Holford menyampaikan, seiring menambahnya usia, kita kehilangan kekuatan untuk mengolah laktosa, komponen utama dalam susu. 

Itulah penyebab susu bisa mengakibatkan intoleransi makanan, kembung, memberi asam dalam tubuh serta mengakibatkan penyakit inflamasi.


4. Makanan cepat saji
Ini adalah makanan yang disediakan dalam waktu yang singkat, makanan ini sangat buruk untuk tubuh. 

Terlebih daging yang diolah memiliki kandungan natrium serta lemak jenuh.


5. Daging olahan
American Institute for Cancer Research menemukan, konsumsi daging olahan terhubung dengan peningkatan resiko kanker usus besar.


6. Donat
Donat di buat dari beberapa bahan yang sama sekali tidak sehat, seperti gula putih, lemak trans serta tepung.

Ini adalah kombinasi yang sangat beresiko, bukan sekedar untuk bentuk tubuh namun untuk kesehatan jantung Anda juga.

Selain itu, mengonsumsi gula serta lemak trans meningkatkan resiko diabetes serta penyakit jantung secara signifikan.


7. Keripik kentang
Keripik kentang tinggi bakal lemak serta garam, yang berarti memiliki kandungan natrium dalam jumlah besar.

Natrium bertanggungjawab untuk penambahan tekanan darah serta kandungan cholesterol, yang mengakibatkan peningkatan resiko serangan jantung serta stroke.

Cancer Science magazine menerbitkan suatu studi pada th. 2005 serta mengungkapkan bahwa konsumsi makanan tinggi garam bisa mengakibatkan kanker lambung.


8. Soda
Minuman ini tak mengandung bahan-bahan yang tidak bermanfaat untuk tubuh, Serta yang lebih buruk lagi, soda berlimpah bakal bahan kimia serta gula, yang bisa mengurangi tingkat suplemen dalam organ tubuh

Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menerbitkan suatu studi yang tunjukkan bahwa minum soda sepanjang satu minggu bisa menggandakan bahaya perkembangan pankreas.


9. Margarin
Margarin adalah lemak yang diolah serta berisi lemak trans yg tidak dapat diolah oleh tubuh. Hal ini bakal meningkatkan cholesterol serta mengakibatkan rusaknya pada pembuluh darah.


10. Sup kaleng
Makanan kaleng berlimpah bakal garam. Walau sup kaleng kerap disebut-sebut sebagai makanan sehat, sebenarnya makanan ini memiliki kandungan sampai 890 miligram sodium.

Saat tubuh terlampau banyak dimasukkan natrium, hal semacam ini bakal berikan desakan pada jantung serta tingkatkan tekanan darah yang berisiko mengakibatkan serangan jantung.


Foto, Koleksi Google Com


Kesimpulan
Pandai-pandailah memilih makanan yang akan dikonsumsi, lebih-lebih bila usia kita sudah memasuki angka 40 tahun keatas

Bagi saudaraku muslimin dan muslimat, lebih utama jika mengucapkan doa sebelum makan atau minum, setidaknya ucapkanlah Basmallah ketika akan memasukkan sesuatu kedalam rongga mulut kita

Makanan atau minuman yang kita konsumsi, fungsi utamanya adalah untuk menghilangkan lapar atau dahaga, tetapi dengan ucapan Basmallah, makanan yang kita konsumsi menjadi barokah dan dihitung sebagai pahala serta kebaikan disisi Allah Swt, itulah yang membedakan seorang Muslim dengan Non Muslim


Disarikan dari berbagai sumber
Sumber utama tulisan ini,  www.7daftar dot com


Posting Komentar