Jumat, 19 Juni 2015

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix, Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix, Kurma diyakini berasal dari sekitar tepian sungai Nil dan Efrat.

Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika.

Buah Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya manis, seperti campuran sirup gula dan madu.

Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh, Karena karakteristiknya tersebut, maka kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa





Salah satu buah sajian selama bulan suci Ramadan adalah kurma, Rasa kurma yang manis alami dianggap cocok sebagai menu berbuka puasa sehingga dapat cepat membantu pemulihan energi.

Selain untuk berbuka, kurma juga baik dikonsumsi saat sahur. Selain dimakan secara utuh, cita rasanya yang enak membuat kurma juga cocok diolah menjadi kue maupun buah dalam es buah. 

Tak hanya rasa yang enak, kurma juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, terutama dari kandungan seratnya yang kaya akan antioksidan serta mineral penting seperti potasium dan magnesium

Saat sedang berpuasa, kurma dapat menyediakan cukup gizi dengan kandungan rendah lemak bagi tubuh.

Mengonsumsi kurma secara rutin, bahkan saat tidak sedang berpuasa sekalipun, dapat membantu menurunkan risiko menderita berbagai penyakit kronis. 



Buah kurma, baik yang segar maupun yang sudah dikeringkan, memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.



Manfaat Kandungan serat
Seperempat mangkuk berisikan kurma segar maupun kurma yang sudah dikeringkan setara dengan tiga gram serat.


Tiga gram serat sudah mencukupi kebutuhan serat harian pada pria dan wanita dewasa. Di dalam buah kurma, serat yang tersedia adalah jenis serat pectin yang larut.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka risiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi akibat kadar kolesterol yang tinggi, dapat dihindari. Selain itu, rutin mengonsumsi serat juga dapat mencegah terjadinya obesitas, serangan stroke, penyakit jantung dan hipertensi. 

Manfaat Potasium
Memakan enam buah kurma akan memberikan tubuh manfaat 6 % potasium dari kebutuhan harian tubuh.

Potasium membawa manfaat mineral dan elektrolit bagi tubuh, dan memicu pengeluaran enzim yang penting bagi metabolisme tubuh dan bagi kontraksi otot jantung, otot-otot dalam organ serta otot-otot kerangka tubuh.

Jika tubuh sampai kekurangn potasium, maka tubuh berisiko mengalami osteoporosis, stroke, batu ginjal hingga tekanan darah tinggi.

Bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan yang kaya kandungan sodium, dibutuhkan juga asupan potasium yang menyeimbanginya.

Dengan memakan kurma, maka keseimbangan di antara keduanya dapat dengan mudah dicapai.

Manfaat Magnesium
Pada setiap 42.6 gram buah kurma atau lima sampai enam buah kurma, terdapat 5.8 persen kandungan magnesium dari asupan harian yang dibutuhkan oleh wanita serta 4.5 persen kandungan magnesium dari asupan harian yang dibutuhkan oleh pria.

Tubuh membutuhkan magnesium untuk metabolisme tubuh yang menghasilkan energi dan untuk mengolah vitamin dan mineral lain yang akan mempertahankan kekuatan tulang dan gigi.

Saat tubuh kekurangan magnesium, maka risiko menderita diabetes, depresi, osteoporosis, hipertensi hingga penyakit jantung akan meningkat.

Kebutuhan akan magnesium juga akan meningkat pada wanita yang sedang hamil, atlet yang sedang menjalani latihan fisik yang berat serta mereka yang sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit yang sudah berlangsung lama serta penyembuhan pasca operasi perlu banyak mengonsumsi kurma.

Manfaat Antioksidan
Jenis kurma seperti Fard, Khala dan Khasab mengandung kadar konsentrasi anthocyanins dan karotenoid yang tinggi. Keduanya merupakan jenis antioksidan yang penting bagi tubuh.

Selain itu, buah kurma juga mengandung antioksidan polyphenol yang baik bagi Anda yang sedang berdiet. 

Manfaat lain dari konsumsi rutin buah kurma yang kaya akan antioksidan ini adalah terhindarnya penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dan masalah saraf yang di masa senja dapat mengakibatkan penyakit alzheimer’s.

Tambahkan kurma selama bulan puasa dan teruskan kebiasaan mengonsumsinya setelah melewati bulan Ramadan untuk manfaat kesehatan yang lebih maksimal dan menyeluruh. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P



Marhaban Ya Ramadhan, 
Selamat menjalani Ibadah Puasa 1436H untuk seluruh Saudara Muslimku, 
Semoga keselamatan dan kesehatan selalu menghampiri yang membaca Artikel ini

Sumber Meet Doctor Dot Com



Posting Komentar